Thursday, 19 September 2019

Sejarah Kantor Imigrasi Kelas II Pematang Siantar

User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive
 

Keimigrasian di Indonesia sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Pada saat itu kantor imigrasi bernama immigratie Dienst yang bertugas menangani seluruh masalah keimigrasian untuk seluruh kawasan di Hindia Belanda.

Berdasarkan Surat Penetapan Mentri Kehakiman Republik Indonesia Serikat No.JZ3016 tanggal 28 Januari 1950 yang berlaku surut mulai tanggal 26 Januari 1950, menetapkan bahwa pada tanggal 26 Januari 1950 untuk pertama kalinya keimigrasian diatur langsung oleh Pemerintah Republik Indonesia serta mengangkat Mr. Yusuf Adiwinata sebagai Kepala Jawatan Imigrasi. Hal tersebut kemudian diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Imigrasi oleh setiap jajaran Imigrasi di Indonesia.

Sejak penetapan oleh Mentri Kehakiman tersebut, segala tugas dan fungsi keimigrasian di Indonesia dijalankan oleh Jawatan Imigrasi atau sekarang disebut dengan Direktorat Jenderal Imigrasi dan berada langsung di bawah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Pada tahun 1967 dibentuklah Kantor Imigrasi di Pematang Siantar yang dimana pada waktu itu disebut Kantor Imigrasi 13 Medan yang bertempat di Jalan Pasar No. 28 Pematang Siantar. Selanjutnya Kantor Imigrasi Pematang Siantar berdiri pada tanggal 25 Nopember 1969 dengan memiliki wilayah kerja mencakup 2 Kota dan 8 Kabupaten, yaitu: Kota Pematang Siantar, Kota Tebingtinggi, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Dairi, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Serdang Bedagai.

Pada tahun 1999 Kantor Imigrasi Kelas II Pematang Siantar pindah alamat dari Jalan Letjen Suprapto No. 24 Pematang Siantar ke Jalan Raya Medan Km. 11,5 sampai sekarang. Kantor Imigrasi Kelas II Pematang Siantar berada 120 Km dari Kota Medan Ibukota Propinsi Sumatera Utara dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat dengan angkutan bus dengan memakan waktu kurang lebih 3 tiga jam perjalanan. Dimana keadaan alamnya cukup sejuk serta keadaan masyarakatnya yang agamais.

Kegiatan keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas II Pematang Siantar lebih terfokus pada pelayanan keimigrasian seperti pemberian SPRI Surat Perjalanan Republik Indonesia, pemberian Izin Tinggal bagi orang asing serta perpanjangan Izin Tinggal. Hal ini dapat dilihat dari volome pemberian pelayanan keimigrasian selama kurun waktu 3 tiga tahun terakhir menunjukkan jumlah yang cukup signifikan.

 

Jl. Medan Km 11.5 Pematang Siantar

 
SUMATERA UTARA
 
Pengaduan 081362298762